8 Jan 2014

Disaat masyarakat banyak yang berbondong-bondong mencari nafkah ke luar negeri untuk menjadi TKI, dan disaat masih sulitnya menemukan lapangan pekerjaan di negeri sendiri, hadir sosok pemuda yang berani tampil beda dengan menjadi pengusaha, tentu saja pemuda tersebut bukan pengusaha biasa, karena pemuda tersebut adalah mantan TKI malaysia yang telah kembali ke negri ini sekitar 6 tahun silam.
Selain itu, pemuda ini juga menggeluti usaha yang berbeda dibandingkan dengan minat orang banyak saat ini, dia berani mengambil resiko dengan budidaya jamur, berbagai jenis jamur konsumsi di budidayakan dirumahnya, mulai dari jamur tiram putih sampai kelabu ada disini.
Tentu saja, hal ini yang membuat tim kampung media al-hikmah berkunjung ke lokasi usaha pemuda tersebut, sangat jauh dari keramaian, dipedalaman yang cukup sulit dilewati, dan butuh konsentrasi dalam menapaki jalan yang licin dan becek akibat diguyur hujan. namun tidak mematahkan semangat tim kampung media untuk menyambangi pemuda tersebut yang terletak di dusun anak nao desa mekar damai kecamatan praya.
Pemuda tersebut bernama Ramdan Efendi, masih muda dan enerjik, dan penuh dengan kreatifitas, terbukti dengan usaha budidaya jamur tiram yang dilakukannya mulai dari proses pembibitan sampai dengan panen dilakukan sendiri. setelah ditanya dari mana pengetahuan ini dia dapatkan, beliau menjawab bahwa ilmu ini dibawa dari malaysia tempat dia bekerja, dan pengalaman tersebut mulai dikembangkan dirumahnya sekitar 3 tahun silam.
Tentu saja usahanya tersebut menghasilkan keuntungan yang lumayan besar, karena permintaan jamur yang sangat tinggi dan masih sedikitnya pesaing yang mau mengembangkan usaha ini sehingga dikatakan bahwa usaha budidaya jamur ini masih sangat prospek untuk dikembangkan.
Inilah salah satu contoh nyata yang dapat dijadikan teladan bagi masyarakat NTB, disaat pekerjaan semakin sulit dan perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan rakyatnya yang masih rendah, maka saatnya menjadi pengusaha yang mandiri.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Statistik

Copyright 2010 TBM Al-hikmah. Powered by Blogger.

Mengenai Saya

My photo
Bersama Membangun Bangsa

- Copyright © TBM Al-Hikmah -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -