2 Jun 2014

buku bagus untuk yang mau meningkatkan hasil olahan pertanian, buku ini membahas tentang singkong, udah tersedia di TBM al-Hikmah.
Berikut sinopsisnya :
Nata de cassava adalah produk hasil fermentasi bahan baku singkong dengan memanfaatkan bakteri Acetobacter xylinum yang menghasilkan bahan berupa jely, berserat tinggi, kenyal, berwarna putih dan rasanya nikmat seperti nata de coco. Nata de cassava memiliki kualitas yang mampu menyamai nata de coco, sehingga mampu menjadi substitusi dan sekaligus sebagai pesaing produk nata de coco. Kini, nata de cassava kian popular sebagai bahan baku minuman kemasan siap saji dan aneka produk jajanan seperti es campur, cocktail, manisan nata, puding dan lain-lain. Selain sebagai produk pangan, produk nata juga telah dikembangkan sebagai produk non-pangan seperti, sebagai bahan dasar elektronik di Jepang. 
Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk mengembangkan industri nata de cassava, karena memiliki sumber bahan baku singkong yang cukup melimpah. Bahan baku dapat diperoleh dengan memanfaatkan limbah cair industri pengolahan singkong seperti industri tapioka. Proses produksi juga relatif mudah, teknologi sederhana sehingga investasi terjangkau. Selain itu, industri nata de cassava menghasilkan limbah yang dapat diolah menjadi produk bernilai ekonomis seperti keripik kulit singkong, pupuk organik, atau pakan ternak. 
Buku ini menyajikan bagaimana berwirausaha nata de cassava dari skala rumah tangga hingga upaya pengembangannya. Materi dalam buku ini meliputi aspek pasar, perencanaan, teknik produksi, analisis kelayakan ekonomi, dan mengolah limbah kulit singkong menjadi keripik bernilai jual tinggi. 
Semoga buku ini bisa menjadi inspirasi dan selamat menjadi pengusaha!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Statistik

Copyright 2010 TBM Al-hikmah. Powered by Blogger.

Mengenai Saya

My photo
Bersama Membangun Bangsa

Arsip Blog

- Copyright © TBM Al-Hikmah -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -