10 Sept 2013

Kambing etawa merupakan salah satu ras dari kambing yang paling digemari peternak saat ini, selain memiliki tingkat ekonomi yang lumayan tinggi, kambing etawa juga dapat dijadikan sebagai sumber protein hewani yang bergizi, sebut saja susu kambing etawa yang sarat akan gizi dan juga menyimpan berjuta khasiat bagi peminumnya.
Tidak heran, banyak peternak yang mulai beralih profesi sebagai peternak kambing etawa, tidak terkecuali di kecamatan batukliang, peternak kambing etawa sudah mulai bermunculan, baik yang skala kecil maupun yang skala sedang, ada yang memelihara sendiri dan banyak juga yang menggunakan sistem kadas.
Salah satunya adalah h. saharudin, saat ini telah memiliki kambing etawa sebanyak 10 ekor yang tersebar di beberapa pengadas di desa pagutan dan sekitarnya, ketika ditanya mengapa memilih beternak kambing etawa, beliau menyatakan bahwa kambing ini memiliki tingkat ekonomi yang lumayan tinggi karena harga pasarannya yang stabil berkisar antara 1,5 juta sampai 5 jutaan, dan juga masih banyak dicari sehingga pemasaran tidak terlalu sulit.
Selain itu kondisi alam di desa pagutan yang banyak ditumbuhi pepohonan membuat peternak tidak kesulitan dalam menyediakan pakan bagi kambing etawa, apalagi jika menerapkan teknologi seperti membuat pakan fermentasi, maka beternak kambing etawa akan semakin mudah dan dapat memberikan hasil yang cukup tinggi.
Saat ini, kambing etawa pak haji telah memiliki anak sejumlah 4 ekor, anakan ini akan di jual seharga 1,6 juta per ekor, bagi yang berminat dapat langsung menghubungi beliau di desa pagutan kecamatan batukliang loteng.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Statistik

Copyright 2010 TBM Al-hikmah. Powered by Blogger.

Mengenai Saya

My photo
Bersama Membangun Bangsa

- Copyright © TBM Al-Hikmah -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -