5 Feb 2012

Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW dilaksanakan pada setiap tanggal 12 Rabi'ulawal Tahun Hijriah, dan pada tahun 2012, peringatan maulid jatuh pada hari minggu tanggal 5 februari 2012 Masehi, sama halnya dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan maulid di desa pagutan dilaksanakan dengan sangat meriah oleh seluruh lapisan masyarakat.
"Kegiatan peringatan maulid ini bertujuan untuk meningkatkan ukhuwah islamiyah yang saat ini sudah mulai pudar  dan tentu saja untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT". ungkap salah seorang tokoh masyarakat pagutan.
Kegiatan peringatan maulid tahun ini memberikan nuansa tersendiri terhadap kehidupan bermasyarakat di desa pagutan, hal ini terlihat dari sejak seminggu sebelumnya, masyarakat sudah sibuk untuk mempersiapkan segala keperluan dalam rangka menyambut peringatan maulid tahun ini, mulai dari mempersiapkan jajan-jajanan khas maulid, sampai dengan bergotong royong untuk membersihkan lingkungan sekitar, sangat terlihat jelas perubahan yang terjadi terutama di sekitar lingkungan masjid Baiturrahman Pagutan, tembok pagar dan gerbang masjid telah dicat ulang menjadi lebih indah dipandang mata.
Salah satu kegiatan yang paling banyak menyita perhatian masyarakat adalah Pawai Karnaval kendaraan bermotor dalam rangka mengiringi anak-anak yang akan dikhitan masal pada hari minggu pagi, pawai kendaraan ini dilaksanakan pada sabtu sore tepatnya mulai pukul 16.00 wita, lebih dari 700 orang turut berpartisipasi dalam pawai kendaraan tersebut mulai dari anak-anak, dewasa, ibu, bapak, bahkan kakek nenek ikut berpartisipasi dalam pawai kendaraan ini. tidak hanya dari pagutan saja, masyarakat dari luar pagutan juga ikut memeriahkan pawai kendaraan tersebut.
Dengan di iringi mobil kepolisian  satlantas polres loteng, pawai kendaraan bermotor berjalan tertib dan khidmat. jalur yang dilalui yaitu dari pagutan menuju ke barabali - mantang - pemepek - pringgarata - dan kembali ke pagutan.

Puncak kemeriahan acara pawai yaitu ketika panitia melakukan pengundian hadiah yang berupa 2 unit televisi, 2 unit dvd player, dan 2 unit kipas angin, masyarakat yang mengikuti kegiatan pawai sangat antusias dan berharap bisa menjadi pemenang undian.
Setelah serangkaian kegiatan berakhir, akhirnya Kegiatan pawai kendaraan ditutup tepat pada jam 18.00 wita. dan para peserta berangsur-angsur meninggalkan lokasi acara.


by. Harnadi Hajri

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Statistik

Copyright 2010 TBM Al-hikmah. Powered by Blogger.

Mengenai Saya

My photo
Bersama Membangun Bangsa

Arsip Blog

- Copyright © TBM Al-Hikmah -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -