3 Oct 2013

Kreatifitas kaum perempuan di desa pagutan semakin meningkat pasca diadakannya kegiatan pelatihan penguatan kapasitas kelompok SPP oleh TPK PNPM Mandiri Perdesaan, kegiatan pelatihan yang dilaksanakan selama 5 hari berturut-turut dari tanggal 18 s/d 22 september 2013 di aula kantor desa pagutan beberapa minggu yang lalu, kini mulai menampakkan hasil, peserta yang tadinya tidak memiliki keterampilan di bidang jasa boga kini telah mahir dalam mengolah makanan terutama dari hasil pertanian.
Seperti yang terlihat di rumah salah satu peserta pelatihan tata boga "mastuni" yang berasal dari dusun sangkawana, siang ini sedang asyik membuat aneka jajanan seperti donat tape, rengginang singkong, manisan tomat, manisan kelapa muda, dan bergedel yang bahan bakunya merupakan hasil pertanian di desa pagutan.
Tentu saja aneka jajanan yang dibuatnya nampak begitu lezat, terutama setelah dikemas secara modern menggunakan mika plastik yang ditempeli cap produksi membuat jajanan hasil kreasinya semakin manggiurkan. hal ini yang membuat tim kampung media mencoba kelezatan manisan tomat yang dibuatnya, dan ternyata rasanya sangat lezat tidak kalah dengan jajanan restoran di perkotaan.
Rencananya, jajanan hasil kreasi dari kelompok perempuan di desa pagutan akan dijadikan sebagai industri rumahan yang nantinya dapat mensejahtrakan rumah tangga kaum perempuan di desa pagutan.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Statistik

Copyright 2010 TBM Al-hikmah. Powered by Blogger.

Mengenai Saya

My photo
Bersama Membangun Bangsa

- Copyright © TBM Al-Hikmah -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -