26 Nov 2012

Dalam rangka menunjang kesuksesan terselenggaranya Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Perdesaan (PNPM MPd) di kecamatan Batukliang pada tahun anggaran 2013, Fasilitator kecamatan Batukliang menyelenggarakan kegiatan pelatihan kader teknis tahap I yang di ikuti oleh seluruh Fasilitator Desa (FD) dan Tim Pengelola Kegiatan (TPK) PNPM MPd yang berada di kecamatan Batukliang.
Kegiatan Pelatihan Kader Teknis Tahap I ini dilaksanakan selama dua hari yaitu pada hari senin tanggal 26 November 2012 sampai dengan hari selasa 27 November 2012. Pelaksanaan pelatihan teknis ini membutuhkan waktu cukup lama dikarenakan materi yang perlu disampaikan kepada seluruh kader teknis dan TPK cukup banyak, ditambah lagi dengan adanya pergantian pengurus PNPM MPd di beberapa desa, dimana pengurus baru PNPM MPd tersebut harus belajar lebih ekstra untuk bisa mengikuti kegiatan pelatihan teknis tahap I ini.
Pada kegiatan Pelatihan ini, Materi kegiatan dititik beratkan pada aspek teknis pelaksanaan program PNPM seperti dalam kegiatan Pembimbingan, Pengawasan, Pengukuran dalam Proyek, Membuat Peta, Sketsa, SAP, VAP, MAP, volume bangunan, penyusunan disain dan RAB dan penyusunan RKTL.
Meskipun materi yang disampaikan lumayan padat dan sulit karena membutuhkan tingkat konsentrasi tinggi untuk menghitung, para peserta pelatihan pada hari pertama pelaksanaan program tersebut sangat antusias dan bersemangat dalam menambah ilmu baru khususnya dibidang tekhnik.
Seperti yang disampaikan oleh bapak Fauzan Aula selaku narasumber pada saat sesi penyampaian materi menyatakan bahwa "Kegiatan pelatihan ini diharapkan kader teknis dan TPK dapat semakin profesional dalam menjalankan tugas dan pengerjaan proyek yang ditangani semakin berkualitas sesuai dengan petunjuk juknis yang ada.
Kegiatan pelatihan kader tekhnis ini bertempat di Aula Kantor Desa Selebung mengingat Aula Kantor Camat Batukliang yang biasa digunakan dalam pertemuan pengurus PNPM sedang digunakan untuk acara lain.
Meskipun bertempat di aula kantor desa selebung, kegiatan pelatihan kader teknis tahap I berjalan sesuai dengan perencanaan dan harapan. (hajri)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Statistik

Copyright 2010 TBM Al-hikmah. Powered by Blogger.

Mengenai Saya

My photo
Bersama Membangun Bangsa

- Copyright © TBM Al-Hikmah -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -