19 Nov 2012

Taman Bacaan Masyarakat (TBM) merupakan salah satu wadah yang dibentuk sebagai sarana untuk menumbuhkan minat dan kegemaran membaca dengan menyediakan, mengelola, dan memberikan layanan baca bagi orang dewasa, peserta didik pendidikan menengah, peserta didik pendidikan tinggi, dan masyarakat luas pada umumnya. 
Dengan adanya Taman Bacaan akan mempermudah masyarakat dalam mengakses buku bacaan, dan mendorong masyarakat untuk membaca karena membaca adalah gerbang menuju kesuksesan.
Sebagai satu-satunya Taman Bacaan yang berada di desa pagutan kecamatan batukliang, TBM Al-Hikmah selalu berusaha untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, agar tercapainya tujuan TBM Al-Hikmah untuk meningkatkan budaya membaca masyarakat khususnya di desa pagutan dikarenakan minat baca masyarakat di desa pagutan masih tergolong rendah.
Berbagai inovasi dan terobosan telah di kembangkan oleh TBM al-Hikmah agar minat baca masyarakat semakin meningkat, seperti pada tahun ini TBM Al-hikmah desa pagutan akan menambah koleksi buku bacaan sekitar 400 judul buku, sehingga masyarakat semakin leluasa untuk membaca buku sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya, selain itu TBM Al-hikmah juga pada bulan desember mendatang akan mengadakan kegiatan lomba-lomba seperti lomba sinopsis buku, lomba membaca bagi siswa keaksaraan fungsional (KF) yang baru bisa membaca, dan kegiatan diskusi buku baru.
Kegiatan TBM al-hikmah dalam meningkatkan minat baca masyarakat terrangkum dalam empat hal seperti yang diungkapkan harnadi hajri selaku ketua TBM al-Hikmah yaitu :
  1. menyediaan bahan bacaan yang berkualitas dalam jumah dan variasi judul.
  2. menyediaan sarana dan prasarana baca yang lebih baik.
  3. memberikan bimbingan teknik membaca cepat, teknik membaca belajar efektif,
  4. menyelenggarakan kegiatan pembudayaan kegemaran membaca sesuai dengan potensi lokal.
Diharapkan dengan adanya empat poin tujuan dan kegiatan TBM Al-hikmah tersebut, minat baca masyarakat akan semakin meningkat dan dapat meningkatkan SDM masyarakat desa pagutan. tentu saja TBM al-hikmah masih membutuhkan dukungan dan bantuan dari berbagai pihak untuk kemajuan dan terlaksananya kegiatan TBM al-hikmah tersebut. 
Dan bagi masyarakat, organisasi, atau institusi yang berminat untuk menyumbangkan buku layak pakai  atau memberikan donasi dapat menghubungi harnadi hajri via email : kmalhikmah1@gmail.com atau datang langsung ke sekretariat TBM Al-Hikmah dengan alamat: Jl. R. Anom No. 2 desa Pagutan Kecamatan Batukliang Kab. Lombok Tengah NTB. (Adiya)

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Ayo Semangat.... 5 W 1 H (What, Where, When, Why, Who, How. Maaf belum bisa dimuat

    ReplyDelete

Welcome to My Blog

Statistik

Copyright 2010 TBM Al-hikmah. Powered by Blogger.

Mengenai Saya

My photo
Bersama Membangun Bangsa

- Copyright © TBM Al-Hikmah -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -