1 Nov 2012

Seiring dengan keinginan pemerintah untuk mencapai swasembada terhadap tiga komoditas pangan utama yaitu kedelai, gula dan daging sapi pada tahun 2014 dan swasembada berkelanjutan untuk komoditas padi dan jagung, tentu saja petani diharapkan agar lebih meningkatkan produkstivitas pertanian sehingga tujuan pemerintah dalam mencapai swasembada komoditas pangan tersebut dapat segera tercapai.
Peningkatan produktivitas pertanian ini dapat dilakukan dengan beragam cara diantaranya revitalisasi lahan, revitalisasi pembenihan / pembibitan, revitalisasi sarana dan infrastruktur, revitalisasi sumber daya manusia, revitalisasi pembiayaan petani, revitalisasi kelembagaan petani, dan revitalisasi teknologi dan industri hilir.
Selain itu pemanfaatan lahan dan pengelolaan secara maksimal sangatlah penting untuk mendapatkan hasil pertanian yang maksimal juga, namun hal ini sedikit berbeda dengan yang terlihat di kecamatan batukliang, dari hasil pantauan kampung media al-hikmah terhadap lahan pertanian yang ada di kecamatan ini, banyak lahan pertanian yang tidak termanfaatkan, bukan karena pasca panen namun karena para petani membiarkan lahan tersebut terbengkalai.
Sebagaimana yang dituturkan oleh Hj. rohayati salah seorang petani di desa pagutan bahwa penanaman setelah pasca panen padi hanya sebatas tebar benih, kemudian didiamkan dan tidak diurus, kalau berhasil syukur kalopun gagal ya sabar. setidaknya begitulah kondisi petani saat ini, hasil pertanian hanya sebatas padi saja, dan setelah itu lahan tidak dimanfaatkan lagi secara maksimal. sehingga wajar saja penghasilan petani di daerah ini relatif rendah padahal kondisi lahan termasuk dalam kategori lahan produktif (subur).
Berangkat dari itulah kampung media al-hikmah mencoba untuk menganalisa dan mencari solusi, dan dari hasil analisa sementara didapatkan bahwa para petani di kecamatan batukliang adalah petani tradisional yang membutuhkan tambahan motivasi dan pengetahuan, terutama dalam penerapan teknologi pertanian dan agribisnis. dan juga dukungan modal untuk bibit pertanian dan pupuk.
Oleh karena itu, kedepan kampung media alhikmah dan LPPM Wahana Education akan mencoba memfasilitasi petani untuk mendapatkan pengetahuan tambahan terutama dalam kegitan pertanian terkini agar hasil pertanian semakin melimpah dan menjadikan petani semakin sejahtera. semoga instansi terkait dapat memberikan perhatian lebih dan menggerakkan penyuluh pertanian agar perduli dengan kondisi petani saat ini. (hajri)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Statistik

Copyright 2010 TBM Al-hikmah. Powered by Blogger.

Mengenai Saya

My photo
Bersama Membangun Bangsa

- Copyright © TBM Al-Hikmah -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -