25 Jul 2012

Guru sebagai ujung tombak pelaksanaan pendidikan menjadikan peran yang sangat penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Tuntutan peran guru tersebut menjadi semakin besar dengan telah dicanangkannya guru sebagai profesi oleh Presiden pada tanggal 4 Desember 2004. Sehingga pada tahun 2005 terbitlah Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Sehubungan dengan hal tersebut, kebijakan Pemerintah dalam pembinaan dan pengembangan profesi guru telah dilakukan melalui berbagai upaya.
Profesionalisme guru diselenggarakan melalui pengembangan diri yang dilakukan secara demokratis, berkeadilan, tidak diskriminatif, dan berkelanjutan dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia dan kode etik profesi. Pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui upaya peningkatan kompetensi guru yang dilaksanakan dan diperuntukan bagi semua guru baik yang sudah bersertifikat maupun belum bersertifikat. Sehubungan dengan itu, uji kompetensi guru (UKG) dilakukan untuk pemetaan kompetensi, pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) dan sebagai entry point penilaian kinerja guru (PKG). Dengan demikian UKG bukan merupakan resertifikasi atau uji kompetensi ulang maupun untuk memutus tunjangan profesi. (kutipan dari http://ukg.kemdikbud.go.id/)
Setelah diumumkan tentang rencana palaksanaan UKG (uji Kompetensi Guru) bagi guru sertifikasi di kecamatan Batukliang oleh UPT. DIKPORA kecamatan batukliang pada hari senin, 23 Juli 2012 kemarin,  guru sertifikasi menjadi kalang kabut karena pada pelaksanaan UKG kali ini ternyata berbasis IT yaitu menggunakan fasilitas internet dan pelaksanaannya secara online, hal ini membuat guru peserta sertifikasi menjadi resah karena pengetahuan IT para guru sertifikasi khususnya guru tingkat Sekolah Dasar masih sangat minim, seperti yang di ungkapkan oleh Haji Mursalin pada saat sharing bersama kampung media bahwa pengetahuan IT pada guru tingkat sekolah dasar masih sangat rendah, dan tentu saja harus punya persiapan ekstra untuk menghadapi UKG online yang di rencanakan minggu depan.
Sehingga masih tersisa waktu sekitar satu minggu untuk melakukan persiapan, khususnya dalam mendalami IT agar UKG yang akan dihadapi bisa sukses terlaksana, dalam kesempatan ini juga para guru sertifikasi meminta kepada kampung media alhikmah untuk memberikan pemahaman di bidang IT untuk menunjang kegiatan UKG tersebut dan telah di sanggupi oleh kampung media untuk memberikan bimbingan IT jika diperlukan. (hajri)

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Great Post, inilah sulitnya menghadapi guru-guru kita yang enggan beranjak dari kemapanan...

    ReplyDelete

Welcome to My Blog

Statistik

Copyright 2010 TBM Al-hikmah. Powered by Blogger.

Mengenai Saya

My photo
Bersama Membangun Bangsa

- Copyright © TBM Al-Hikmah -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -