12 Dec 2012

Musim penghujan telah tiba, dimana pada musim ini debit air di sungai-sungai yang biasanya kering sudah mulai mengalir, aliran air disungai inilah yang membuat para petani dan petani ikan di desa pagutan bahagia karena musim tanam dan tebar benih ikan sudah didepan mata. 
Para petani dan petani ikan yang aktivitas pertaniannya sangat bergantung terhadap aliran air disungai-sungai kecil biasanya menjadikan awal musim penghujan sebagai waktu yang sangat baik untuk mulai bercocok tanam maupun menebar benih ikan dikolam yang sudah mulai berair.
Namun mengingat kondisi para petani dan petani ikan  didesa pagutan yang saat ini masih memprihatinkan dikarena sebagian diantaranya masih kekurangan modal dalam bertani, dan sering memanfaatkan pinjaman yang berbunga besar untuk memulai usaha dalam bertani ini.
Terlebih lagi para petani ikan yang usahanya membutuhkan modal besar terutama dalam pembelian bibit ikan, perbaikan kolam dan pakan ikan semakin sulit untuk memulai kegiatan perikanannya.
Tepatnya pada hari Rabu, 13 Desember 2012 merupakan hari yang sangat menggembirakan dan istimewa bagi para petani ikan di desa pagutan, karena pada hari tersebut dinas perikanan kabupaten lombok tengah memberikan bantuan bibit ikan nila super kepada para petani ikan yang saat ini sedang kebingungan untuk mencari bibit ikan yang berkualitas karena selain harga bibit yang mahal, petani juga kekurangan modal dalam pembelian bibit ikan.
Tentu saja bantuan bibit ikan yang berjumlah 34.000 ekor bibit ikan nila super itu begitu berarti bagi petani ikan di desa pagutan, bibit-bibit ikan tersebut dibagikan kepada 13 anggota kelompok petani ikan oleh dinas perikanan yang difasilitasi oleh kepala desa pagutan terpilih Samsul Rizal, SH.
Pembagian bibit ikan tersebut dibagikan secara langsung kepada anggota kelompok yang telah di visitasi sebelumnya dan dinilai layak untuk mendapatkan bantuan, pembagian bibit dilakukan di rumah sabarudin salah seorang anggota kelompok petani ikan.
Para Petani ikan yang mendapatkan bantuan sangat berterimakasih atas perhatian pemerintah karena sangat membantu dalam mengembangkan tonggak perekonomian petani ikan, seperti yang disampaikan bapak saharudin, salah seorang petani ikan kepada kru kampung media bahwa bantuan bibit ikan ini begitu berarti, dan kami sangat berterimakasih kepada pemerintah yang telah memperhatikan kami, namun kami juga mengharapkan bimbingan dan pelatihan agar kami bisa mengembangkan usaha perikanan mulai dari proses pembibitan sampai pemasaran agar diwaktu yang akan datang tidak perlu lagi menanti bantuan bibit dari pemerintah. (hajri)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Statistik

Copyright 2010 TBM Al-hikmah. Powered by Blogger.

Mengenai Saya

My photo
Bersama Membangun Bangsa

- Copyright © TBM Al-Hikmah -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -