21 Sept 2012


Pagutan (KM Al-Hikmah) Pendidikan merupakan salah satu aspek yang menentukan kemajuan suatu bangsa, dengan kualitas pendidikan yang bermutu maka tingkat Sumber daya masyarakat akan semakin tinggi dan tentu saja akan menjadikan tingkat kesejahteraan masyarakat akan semakin meningkat.
Perhatian pemerintah saat ini terhadap pendidikan sudah patut diacungi jempol, karena telah begitu banyak kucuran dana yang diberikan kepada dunia pendidikan, mulai dari BOS (Bantuan Operasional Sekolah), DAK (Dana Alokasi Khusus), BSM, Sertifikasi Guru, Tunjangan Fungsional dan lain sebagainya.
Namun meskipun dengan anggaran yang begitu besar, ternyata masih banyak sarana pendidikan yang masih minim terutama di lembaga pendidikan swasta, seperti halnya di madrasah aliyah an-nazhar desa pagutan, madrasah yang telah berjalan selama empat tahun dan telah menamatkan siswa angkatan pertama pada tahun 2012 lalu, sampai saat ini masih memiliki sarana dan prasarana yang masih sangat terbatas dan kurang layak, terutama pada ruangan kelas dan fasilitas penunjang lainnya.
Ruang kelas yang berjumlah 3 ruang tidak ada satupun yang memiliki jendela sehingga angin bisa langsung menembus ke dalam kelas, lantai yang hanya dilapisi semen membuat debu-debu bertebaran dan atap yang terbuat seng memuat udara panas disiang hari dan asbes yang bocor menyebabkan banjir sehingga ketika hujan air membanjiri ruangan kelas.
Seperti yang disampaikan oleh Kepala MA An-Nazhar bahwa minimnya sarana dan prasarana di madrasah ini dikarenakan anggaran yang sangat kurang, untuk operasional saja madrasah ini hanya mengandalkan bantuan dari para donatur dan keikhlasan dewan guru dalam mengajar, karena madrasah tidak memungut biaya pendidikan kepada para siswa.
Meskipun madrasah aliyah an-nazhar memiliki keterbatasan dari segi sarana dan prasarana yang ada,  namun antusias para siswa dalam menuntut ilmu pengetahuan di madrasah ini sangat tinggi, hal ini terlihat dari kegiatan belajar mengajar sehari-hari dan prestasi-prestasi yang telah di peroleh siswa madrasah aliyah an-nazhar baik di tingkat kecamatan maupun kabupaten. (hajri)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Statistik

Copyright 2010 TBM Al-hikmah. Powered by Blogger.

Mengenai Saya

My photo
Bersama Membangun Bangsa

- Copyright © TBM Al-Hikmah -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -