20 May 2012

Minggu pagi sekitar pukul 10.00 WITA, Kantor Desa Pagutan tampak rame. Sekitar 78 orang petani asal Dusun Pagutan yang tergabung dalam kelompak tani “Melati” yang diketuai oleh H.Sahrudin melaksanakan musyawarah pertamakali setelah mengadakan reshuffle kepengurusan pada tanggal 6 mei lalu serta penetapan 44 orang anggota baru bagi yang belum terdaftar pada pengurus lama. Bertambah 34 orang dari anggota lama yang diketuai oleh H.Mulki. Dari sekian bayak anggota, luas lahan pertanian yang ada sekitar 24,95 HA.

Sebagai modal awal dalam kelompok ini, semua anggota dipunguti uang sebanyak Rp.50.000,. Modal ini nantinya akan digunakan untuk pembuatan rekening kelompok serta untuk pengadaan kebutuhan para petani seperti pupuk, benih, dan obat-obatan. Dan semua anggota akan mendapatkan kebutuhan ini sesuai dengan luas lahan yang dimiliki. Beda halnya diwaktu kepemimpinan H.Mulki, yang banyak mengeluhkan pembagian jatah yang tidak menyeluruh kepada semua anggota.  Di bawah kepemimpinan baru ini, semua anggota berharap bisa lebih baik dari sebelumnya.
 
Waktu saya tanyakan tentang program dan rencana ke depan, H.Akbar selaku sekretaris merencanakan agar kelompok bukan hanya bisa memenuhi kebutuhan kelompok dalam pengadaan pupuk, benih, dan obat-obatan saja, namun bisa juga mengadakan alat pengolah lahan seperti mesin traktor dan peralatan lainnya yang bisa digunakan bersama. Tamrin

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Statistik

Copyright 2010 TBM Al-hikmah. Powered by Blogger.

Mengenai Saya

My photo
Bersama Membangun Bangsa

- Copyright © TBM Al-Hikmah -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -