7 Jun 2012

PKBM ( Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ) Nurul Iman yang berlokasi di Dusun Pagutan Batukliang melakukan pembekalan terhadap 60 tutor Keaksaraan Fungsional (KF) untuk tigapuluh kelompok yang tersebar di beberapa dusun di Desa Pagutan Batukliang tadi sore (07/06/12) sekitar pukul 16.00 yang bertempat di gedung MTs Nurul Iman NW Paguutan. Disini, semua tutor yang kebanyakan berpropesi sebagai guru diberikan pembekalan tentang cara mengajar serta teknis pelaporang KF yang akan dimulai seminggu mendatang.

Menurut penuturan syamsudi selaku ketua PKBM Nurul Iman disela-sela pembekalan bagi para tutor, sedianya PKBM Nurul Iman mendapatkan jatah 44 kelompok KF, namun 15 kelompok menyusul pada tahap ke-dua yang akan diselenggarakan nanti setelah bulan puasa ramadhan. Setiap kelompok beranggotan dua puluh anggota WB (Warga Belajar) yang terdiri dari ibu-ibu/bapak-bapak yang memang tidak pernah mengenyam pendidikan (buta aksara). Jadi untuk keseluruhan pada tahap pertama, PKBM Nurul Iman menangani enam ratus warga. Program ini memang dicanangkan oleh pemerintah untuk memberantas buta aksara, dan ini adalah tahap terakhir untuk wilayah Lombok Tengah dan akan dilanjutkan dengan program KUM (Keaksaraan Usaha Mandiri). 

Selain mendapatkan pembekalan, tutor juga langsung diberikan peralatan pendukung kegiatan seperti modul untuk tutor, beberapa buku administrasi, alat peraga/media pembelajaran dan peralatan bagi calon warga belajar seperti buku dan bolpoin. 

Selain para tutor, hadir juga pada kesempatan ini beberapa ketua PKBM dari beberapa desa dan kecamatan, seperti ketua PKBM dari Desa barabali, dua dari kecamatan Batukliang Utara dan dua dari kecamatan Kopang dan tidak ketinggalan juga ketua coordinator PKBM untuk kecamatan Batukliang, Batukliang Utara, dan Kopang yaitu Mardan, S.Pd. Tamrin

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Statistik

Copyright 2010 TBM Al-hikmah. Powered by Blogger.

Mengenai Saya

My photo
Bersama Membangun Bangsa

Arsip Blog

- Copyright © TBM Al-Hikmah -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -