5 Jun 2012

Pemandangan alam yangterhampar hijau bak permadani, angin yang bertiup spoi yang menina bobokkan,itulah Desa Mas-mas. Desa Mas-mas merupakan salah satu Desa dari delapanDesa yang ada diwilayah Batukliang Utara, yang berbatasan langsung denganKecamatan Kopang Lombok Tengah. Desa mas-mas memiliki potensi yangsangat luar biasa untuk dijadikan obyek wisata.

Salah satu obyek wisata yangbanyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun luar negeri seperti dariJerman, Prancis, Amerika, Jepang, Inggris,dan negara-negara lainnya adalah MbungDao (danau kecil). Disi para pengunjung bisa meliat keindahan pemandangangunung tertinggi yang ada di pulau Lombok dengan sangat jelas, bahkan terlihatseperti di depan mata yaitu Gunung Rinjani.
Selain itu, para pengunjungbisa merasakan nyamannya berlayar di Mbung Dao menggunakan rakit bambu yangoleh masyarakat setempat disebut “Jukung” sambil menangkap ikan danudang dengan jaring (masayarakat setempat menyebutnya seser) yaitu sebuah alatyang di buat dari bambu yang dipasangkan sejenis kelambu atau net diujungnya.Kemudian hasil tangkapan bisa langsung dinikmati dengan cara dipanggang di tepiMbung Dao yang sangat nyaman.
Hal lain yang pengunjungbisa dapatkan di Desa Mas-Mas adalah melihat dari dekat dan bahkan bisalangsung belajar membuat anyaman dari ketak (sejenis rotan) atau anyaman tikardari daun pandan. Jika selama ini pengunjung yang pernah mengunjungi sebuahtempat wisata hanya bisa melihat saja sebuah produk yang sudah jadi, namun di DesaMas-Maspengunjung bisa langsung ikut belajar bersama para pengerajin. Selainitu juga, pengunjung bisa mengetahui bagaiman kehidupan masyarakat setempatdengan detail, baik tentang pola hidup, serta sisi kehidupan lainnya. Yangpasti pengunjunga akan mendapatkan pengalaman baru yang tidak akan didapatkandi tempat lain.
Disini juga anda bisamenikmati makanan khas orang masyarakat setempat seperti pelecingkangkung, sayur rebung (bambu muda), sayur ares ( pohon pisang muda), daunsingkong, daun turi, dan lain-lain. Tamrin

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Statistik

Copyright 2010 TBM Al-hikmah. Powered by Blogger.

Mengenai Saya

My photo
Bersama Membangun Bangsa

Arsip Blog

- Copyright © TBM Al-Hikmah -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -